Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Leher Anda Sakit Sebab Salah Tidur? Jangan Risau, Ini Penyelesaiannya…

Beberapa orang sering sekali merasa sakit pada leher mereka setelah bangun tidur. Sakit leher ini ternyata seringkali terjadi kerana kita salah gerak atau salah posisi tidur. Boleh jadi hal ini terjadi akibat penggunaan bantal yang terlalu tinggi, terlalu rendah dan sebagainya. Sakit leher ini jelas tidak bagus. Beberapa orang bahkan sampai susah menoleh kerana hal ini. Jika kamu tergolong dalam salah satu yang mengalami hal ini, Berikut ini tips cara mengatasi leher sakit akibat salah posisi tidur:

1. Rehatkan Leher Anda

Rehatkanlah leher anda, bila anda terlalu lama bekerja atau beriadah. Baringkan leher dan tubuh dalam posisi yang selesa, dan pastikan anda memakai bantal yang baik yang dapat menjaga kepala dan leher agar selalu berada pada posisi yang tepat.

2. Regangkan Otot Leher

Anda boleh meregangkan otot leher anda dengan menggunakan tuala panas atau mandi dan berendam dengan air hangat. Tahap-tahap regangan sederhananya dengan cara berikut : Balikkan kepala anda perlahan ke kanan, lalu gunakan tangan kanan anda untuk memberi sedikit tekanan pada dagu anda, lakukan dengan lemah lembut dengan secara berperingkat. Tahan selama 15-20 saat lalu perlahan gerakkan kembali kepala anda ke titik asal. Ulangi, kali ini untuk ke sisi kiri. Miringkan atau ayunkan kepala anda sampai dagu menyentuh dada, jika tidak boleh, cukup dorong sampai sedekat mungkin. Pastikan bahu anda relaks disaat melakukannya. Tahan selama 15-20 saat, kemudian ulangi lagi. Miringkan kepala anda ke kanan sambil mencuba meletakkan telinga kanan ke bahu kanan anda. Jangan sampai bahu terangkat, lakukan selama 20 saat, lalu ulangi lagi di sisi lain.

3. Picit Leher Anda

Jika anda terbangun dengan leher yang kaku, picit sendiri di tempat yang sakit tersebut sampai rasa lebih baik. Akan tetapi, lakukan dengan lembut dan berhentilah jika rasa sakit lagi bertambah.

4. Pilih Bantal yang Baik

Gunakan bantal yang tidak terlalu tebal dan tidak juga terlalu tipis yang dapat menyesuaikan posisi tidur Anda. Jika Anda tidur miring, bantal akan tetap menjaga kepala Anda dalam posisi horizontal. Jika Anda tidur telentang, bantal tidak akan membuat kepala Anda berada pada posisi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

5. Pastikan Anda Menggunakan Tilam yang Masih Baik

Tilam yang sudah terlalu lama atau tua biasanya tidak memberikan dukungan untuk leher dan tulang belakang Anda. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya leher kaku ketika bangun tidur. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan tilam atau alas tidur yang baik yang dapat membantu leher dan tulang belakang Anda berada pada posisi yang ideal.

Sumber : https://mediskus.com

Add Comment